Jumat , April 23 2021

Lima Objek Wisata Itu Akan Menjadi Destinasi Wisata Super Prioritas

Dalam masa itu, penasihat kerajaan menyarankan untuk beternak itik merak untuk membantu mengusir ular yang banyak kesana kemari di sekitar pura. Waktu ini, Ampenan menjadi wilayah kota tua yang digemari oleh traveler dengan kecintaan tentang budaya dan sejarah. Gedung di wilayah ini pun masih menggunakan gaya arsitektur Eropa dan terus dipertahankan. Dulunya, Ampenan menjadi salah satu kota paling hibuk di Lombok karena kondisinya sebagai kota pelabuhan.

Tersebut pun percaya bahwa berendam di sini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Sesekali, dedaunan pohon kelapa yang ditanam di beberapa bagian persawahan ikut bergemerisik terkena angin.

Tak hanya tersebut, bangunan yang didominasi warna kuning dan emas tersebut terdiri atas empat dasar dan dilengkapi dengan ballroom. Belum lengkap rasanya menekankan kaki di Lombok tanpa singgah ke Islamic Center. Langgar megah ini memiliki padang yang sangat luas dengan arsitektur dan dekorasi yang sangat impresif—termasuk menara secara ketinggian mencapai 99 meter. Pura terbesar di Lombok dengan luas 26 hektare ini menjadi saksi ritus dua agama yang berjalan berdampingan dalam satu tempat.

Berbatasan tepat dengan Selat Lombok, aktivitas pelabuhan terus berlanjut terlintas sekitar tahun 1970-an. Ketika kegiatan bongkar muat kemudian dipindah ke Lembar, Ampenan pun tak lagi bergerak. Sumber air panas dengan mengepulkan uap hangat tersebut kerap dijadikan sebagai teritori berendam oleh warga.

Dalam setahun sekali, terdapat sebuah acara di pundi-pundi ini yang menlibatkan sinambung pemeluk Hindu dan Islam sekaligus. Sebelum Islam masuk ke Lombok dan merangsang wilayah ini mendapat label sebagai Pulau Seribu Langgar, Hindu lebih dulu berkuasa di sini. Namun sehabis sekian abad berlalu, masa ini kehidupan mayarakat dua kepercayaan ini begitu rukun dan harmonis.

Fisiknya yang renta dan mulai lemah bukan lagi memungkinkannya untuk mendaki Rinjani demi melakukan ritus kurban. Maka sebagai gantinya, di tahun 1727, sang raja pun memberi titah untuk ‘memindahkan’ Gunung Rinjani berikut Dana Segara Anak ke pusat kota.

Dua rumah yang berhadap-hadapan ini dipisah dengan sebuah berugak yang dipakai sebagai tempat untuk bertemunya orang tua dan anak untuk bercengkerama, belajar bersama, dan menerima tamu. Satu buah gerbang didirikan sebagai tunggal akses untuk keluar serta masuk Desa Segenter. Tanah air dengan luas sekitar 3 hektare ini dikelilingi oleh pagar dengan deretan wisma yang tertatapi rapi. Berbeda dengan rumah adat Umat Sasak yang berbentuk seperti setengah lingkaran dengan sekutil kerucut di atasnya, wisma adat di sini memiliki bentuk kapa-kapa prisma. Masjid termegah dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat ini bahkan memiliki lift dan eskalator untuk mempermudah pengunjung.

objek wisata lombok mataram

About Handayani

Check Also

Datangi Dishub Kabupaten Bogor, Bem Unida Bahas Kemacetan Di Ciawi

Untuk dapat sampai di curug leuwi lieuk, kamu harus berenang melewati leuwi cepet lalu melakukan …